Trik Hasilkan Foto Keren Dengan Kamera Ponsel

Beberapa kurun terakhir, smartphone atau ponsel terus meningkatkan kualitas. Salah satunya di segi kamera. Sehingga, dengan kamera smartphone yang makin canggih membuat penggiat mobile photography semakin meningkat. Meski demikian, masih banyak yang belum memanfaatkan aplikasi kamera default secara maksimal.

Kredit foto : Raissa

Tips dan trik yang kami bagikan berikut dapat membantu penghobi fotografi ponsel agar dapat mengambil foto lebih baik menggunakan aplikasi kamera default di ponsel.

Semoga semua tips berikut dapat berguna buat yang masih pemula di fotografi ponsel.

1. Pahami 'rule of thirds'

Sederhananya 'Rule of thirds' merupakan garis panduan yang bisa diikuti untuk membingkai foto supaya terlihat proporsional. Dengan kamera ponsel, kita tidak perlu lagi membayangkan bagaimana membagi objek foto dalam sembilan segmen persegi panjang.

Dengan menampilkan grid atau di pengaturan kamera ponsel, maka layar ponsel akan terbagi menjadi sembilan segmen berbentuk persegi panjang.

Untuk kamera di Android, cukup menuju ke Settings di aplikasi kamera dan cari submenu Grid lalu aktifkan.

Sedangkan untuk iOS, pilih menu Photos & Camera di aplikasi Settings, kemudian aktifkan toggle Grid.

2. Posisi harus stabil saat memoto

Pegangan yang stabil sangat penting saat memotret suatu objek, apalagi untuk mengambil foto dalam kondisi kurang pencahayaan atau low light. Untuk mengatasinya kita bisa akali dengan menggunakan tripod ponsel untuk menstabilkan.

Apabila tidak ada tripod, kota bisa gunakan objek seperti dinding, gelas, kotak dan sebagainya. Jangan lupa aktifkan self-timer jika kita ingin mengambil foto dari kamera yang ditaruh di meja atau lemari yang jaraknya agak jauh.

3. Setting fokus dan exposure

Aplikasi kamera bawaan ponsel umumnya memungkinkan kita untuk mengubah fokus hanya dengan sekali tap di layar. Tidak hanya mengubah fokus saja, tapi juga bisa mengubah tingkat exposure cahaya sesuai spot yang kita pilih.

Untuk mengubah tingkat exposure, cukup menaikkan atau menurunkan indikator yang muncul dengan ikon bola lampu atau matahari di layar ponsel. Cara ini bisa digunakan di kamera Android maupun iPhone.

4. Biasakan menggunakan tombol shutter fisik

Demi menjaga kamera agat tetap stabil saat memencet tombol shutter di layar smartphone mungkin agak susah. Solusinya adalah dengan menggunakan salah satu tombol volume di ponsel menjadi tombol shutter fisik.

5. Gunakan mode HDR otomatis

Saat ini, hampir semua kamera ponsel memiliki mode auto HDR (High Dynamic Range) yang jika diaktifkan akan menerapkan filter ini jika dibutuhkan. Gunanya, agar bagian gelap dan bagian terang di foto akan tampak seimbang.

6. Upayakan pencahayaan alami maupun buatan

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, subjek harus mendapatkan cukup cahaya. Jadi, perhatikan sekeliling dan lihat sumber cahaya apa yang dapat dimanfaatkan, misalnya sinar matahari atau lampu.

Tidak ada pendekatan yang pasti, namun pastikan subjek yang kita foto bisa terlihat sejelas mungkin.

7. Gunakan mode 'burst'

Kamera ponsel umumnya saat ini sudah dilengkapi dengan mode 'burst'. Dengan mode ini, kalau kita tidak pede mengambil satu foto dengan sekali klik, maka lebih baik mengambil banyak foto sekalian dan pilih yang paling bagus setelahnya.

Di smartphone Android dan iPhone, mode ini biasanya diaktifkan dengan memencet dan menahan tombol shutter di layar sesuai durasi yang diinginkan. Bahkan di beberapa smartphone Android ada fitur 'smart burst' yang dapat memilih foto terbaik.

8. Selalu bersihkan lensa kamera ponsel

Ini mungkin terdengar sepele, tapi lensa yang kotor dapat mempengaruhi hasil foto yang diambil. Jadi, penting bagi kita untuk terus menjaga lensa kamera agar tetap bersih.

Tidak perlu ribet, kain bersih saja sudah cukup untuk membersihkan lensa. Bisa juga gunakan cotton bud yang dibasahi untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Nah itulah tips dan trik agar foto yang kita ambil menggunakan ponsel agar menghasilkan foto yang keren. Semoga bermanfaat.

Silakan kirim foto hasil jepretan ponsel kamu ke situs ini. Kami tunggu ya...